myadd

*Dalam Pembuatan ProgrAm,,,Ada beberapa LAngklah YAng harus Di perHAtikan YAitu:

Ø  Mendefinisikan Masalah/Defining the problem *AlgorItma
Ø  Perencanaan/Planning/Desain sistem* Flow chart
Ø  Implementasi/Koding/Programming* ,
Ø  Dokumentasi/Documentation
Ø  Testing
Ø  Operasional dan Maintenance     

*Kita simak dulu pengertian dari algoritmaKata algoritma berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dariUzbekistan Al Khawārizmi (hidup sekitar abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 "Algorithmi de numero Indorum". Pada awalnya kata algorisma adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab (sebenarnya dari India, seperti tertulis pada judul di atas). Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadialgoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.


Lha trus apa pengertiaannya,,,??
Menurut  temen saya (dengan gaya selonnya),

Algoritma adalah suatu seni dimana kita memecahkan suatu masalah atau pekerjaan.

Sedangkan menurut buku pegangan saya  dan dosen saya

Algoritma adalah alur pikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, yang dituangkan dalam bentuk tertulis baik berupa tulisan (Pseudo-Code) ataupun gambar (FlowChart) yang dapat dimengerti orang lain.
Terus kenapa Di sebut Seni ?
Karena Algoritma adalah cara berpikir manusia yang pastinya tak sama, dan dari satu masalah yang sama, bisa saja tercipta Algoritma2 yang berbeda.
Mungkin akan ada yang menyelesaikan masalah itu dalam 4 langkah, sedangkan orang lain dapat menyelesaikannya dalam 3 langkah, atau malah ada yang bisa dengan 2 langkah saja. Dan perbedaan itulah yang menjadikan Algoritma sebuah seni dalam berpikir.

Contohnya…?
Begini, misalnya kita punya 2 buah gelas yang kita sebut dengan gelas A dan gelas B. Gelas A berisi air merah, sedangkan gelas B berisi air biru. Bagaimana cara kita untuk menukar kedua isi gelas tersebut, sehingga gelas A menjadi berisi air biru dan gelas B berisi air merah?
Jawaban 1:

Tuang air dari gelas A ke gelas B, dan setelah itu tuang air dari gelas B ke gelas A, sehingga gelas A berisi air biru dan gelas B berisi air Merah.
Jawaban ini salah dan tidak logis, karna air merah dan biru akan menyatu dan berubah warna menjadi ungu, jadi tidak akan mungkin gelas A akan berisi air biru dan gelas B akan berisi air merah. Maka Algoritma dari jawaban ini tidak benar.
Jawaban 2:

Gunakan bantuan gelas lain, yang disebut gelas C. Tuang air merah dari gelas A ke gelas C, lalu tuang air biru dari gelas B ke gelas A. Kemudian tuang air merah dari gelas C ke gelas B, sehingga gelas A sekarang berisi air biru dan gelas B berisi air merah.
Algoritma dari jawaban ini benar dan sangatlah logis.
Jawaban 3:

Gunakan bantuan 2 buah gelas lain, yang disebut gelas C dan gelas D. Kemudian tuang air merah dari gelas A ke gelas C, dan tuang air biru dari gelas B ke gelas D. Lalu tuang air merah dari gelas C ke gelas B, dan tuang air biru dari gelas D ke gelas A. Sehingga gelas A sekarang berisi air biru dan gelas B berisi air merah.
Lalu bagaimana dengan jawaban di atas, apakah Algoritma di atas salah? Tidak, Algoritma di atas adalah benar karna langkah2nya tersusun dengan logis dan masalah dapat terpecahkan dengan benar. Hanya saja Algoritma tersebut tidak efektif.

Ada pun yang sangat berhubungan dengan algoritma adalah flowchar..


apasih flowchart itu?

                   Flowchart adalah suatu diagram menggunakan simbol-simbol   khusus yang sudah menjadi standard internasional yang berisi langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. sedangkan algoritma bukan merupakan simbol tapi keterangan-keterangan yang sesuai dengan  keinginan kita, tidak ada standarnya. Oleh karena itu flowchart biasa juga disebut sebagai algoritma dalam bentuk simbol-simbol khusus yang dihubungkan dengan anak panah.

nahh ... ini gambarnya..
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment